Blog Info Propeerty
Serba Serbi Property : Jual – Beli – Sewa

Garasi atau Carport ?

Teman saya sedang membangun rumah dan dia bingung menentukan apakah sebaiknya dia membangun garasi atau cukup carport saja untuk menyimpan mobilnya. Lho, bukannya garasi dan carport sama saja ? bagi sebagian orang garasi dan carport dianggap sama karena fungsinya sama tapi pengertian keduanya sebenarnya berbeda.

Tabloid RUMAH memberikan penjelasan sebagai berikut untuk membedakan antara garasi dan carport :

Garasi

Istilah garasi berasal dari bahasa Inggris “ garage “. Karena berasal dari konsep negeri bermusim empat, maka garasi perlu dibuat tertutup rapat dengan pintu yang bisa dibuka tutup, geser lipat atau dijungkit ke atas, baik secara manual maupun otomatis. Mengapa harus tertutup ? sebab di negara empat musim, udara dan iklim berubah seara ekstrim, yang bisa mengganggu kondisi mesin kendaraan.

Dijaman kolonial, konsep garasi dibawa ke Indonesia untuk diadaptasikan ke rumah-rumah tinggal. Kemudian oleh para bangsawan, priyayi dan orang-orang kaya masa itu hal ini ditiru untuk menaikkan gengsi. Padahal yang diparkir di dalamnya hanyalah cikar, sepeda, atau gerobak dan disini iklim tidaklah seekstrim dinegara empat musim.

Lalu, sesuai perkembangan jaman, garasi menjadi sesuatu yang dibutuhkan bukan sekedar untuk menyimpan kendaraan. Dengan pertimbangan keamanan, garasi menjadi tempat melindungi kendaraan dari tangan-tangan jail maupun binatang nakal. Jadi, akhirnya garasi di Indonesia pun dibuat tertutup serapat mungkin, sampai kecoa dan semut sulituntuk masuk.

Carport

Sedangkan carport, yang terjemahannya adalah tempat meletakkan mobil ( car = mobil, port = perberhentian, pelabuhan ) belum ada padanan katanya dalam bahasa Indonesia. Pada dasarnya carport merupakan ruang terbuka dimana kendaraan bisa di parkir dengan rpi. Terbuka disini artinya angin, udara, panas matahari dan hujan bisa mengenai kendaraan secara langsung.

Sebenarnya, istilah dan penggunaan carport juga berasal dari negeri barat sana. Namun setelah dibawa kesini konsep ini lebih dirasa cocok, karena kepraktisannya; orang tidak perlu membuka tutup pintu garasi. Jadilah carport lebih popular digunakan ketimbang garasi. Apalagi orang kaya dan priyayi pad amasa itu sangat bangga apabila dirumahnya terlihat terparkir kendaraan yang bisa menaikkan gengsi.

Kemudian dengan bertambahnya pengetahuan , ditambah perubahan cuaca yang sering tidak terduga, maka carport yang terbuka perlu diberi naungan agar mobil maupu pemakainya tidak kepadanan dan kehujanan. Saat ini naungan carport sudah demikia bervariasi, malah ada yang bisa dibuka tutup segala.

Nah, sekarang anda sudah tidak rancu lagi membedakan antara carport dan garasi. Mana yang sebaiknya dipilih ? tergantung beberapa hal seperti luas tanah yang tersedia dan anggaran keuangan. Selamat memilih.

Belum Ada Tanggapan to “Garasi atau Carport ?”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: