Blog Info Propeerty
Serba Serbi Property : Jual – Beli – Sewa

Ragam Bahan Pelapis Sofa

Bila anda memiliki sofa tua yang sudah tidak bagus untuk dipandang namun memiliki rangka yang masih kuat, jangan buru-buru dibuang. Anda bisa tetap mempergunakan sofa tersebut, namun dengan memperbaiki bahan pelapis sofa terlebih dahulu tentunya.

Atau anda sedang inign membeli atau membuat sofa, tentu anda juga perlu tahu mengenai ragam pelapis sofa.

Secara umum pelapis sofa yang beredar di masyarakat dapat dibedakan menjadi dua yaitu pelapis sofa yang terbuat dari kulit dan pelapis sofa yang terbuat dari kain. Masing-masing masih terbagi lagi menjadi bermacam-macam variasi.

Bahan kulit

Bahan kulit dapat dibedakan menjadi empat yaitu yaitu kulit asli, suede , microfibre dan oscar.

  • Kulit asli

Kulit binatang yang biasa dipakai adalah kulit punggung sapi karena tidak memiliki banyak lipatan. Pelapis sofa berbahan kulit asli ini memberi kesan mewah pada sofa anda, dapat digunakan dalam waktu yang lama dengan perawatan yang mudah. Segala keunggulan ini tentu sebanding dengan harganya yang mahal.

  • Suede

Suede berasal dari binatang juga tepatnya bagian belakang kulit yang memiliki tekstur yang lebih berbulu dibandingkan kulit. Suede tidak mudah rusak namun mudah kotor, perawatannya lebih mudah dibandingkan pelapis sofa yang berbahan kulit. Seperti pelapis sofa yang berbahan kulit asli, pelapis sofa yang berbahan suede ini harganya juga mahal.

  • Microfibre

Micofibre adalah bahan sintetis yang sejenis dengan suede. Bahan dasarnya adalah polyester sehingga harganya menjadi terjangkau.

Bahan kain

Bahan pelapis sofa dari kain memiliki variasi lebih banyak dibanding pelapis sofa berbahan alami.

  • Polyester

Pelapis sofa yang berbahan polyster memiliki daya tahan yang tinggi, memiliki daya serap yang rendah terhaap air, mudah menyerap minyak dan mudah terlipat.

  • Akrilik

Pelapis sofa berbahan akririk lebih tahan terhadap sinar matahari dibandingkan dengan bahan kain yang lain, ringan, lembut, jika terkena air cepat kering dan tahan lama.

  • Katun

Bahan ini terbuat dari tenunan sehingga semakin rapat jalinan benangnya semakin baik juga kualitasnya, harganya murah, nyaman untuk diduduki namun tidak tahan terhadap air karena itu bila cara perawatannya tidak benar pelapis sofa berbahan katun akan mudah rusak dan ditumbuhi oleh jamur.

  • Linen

Benang yang membentuk kain linen berasal dari alam juga, sama seperti katun, namun seratnya memiliki kekuatan 2- 3 kali lipat dibandingkan katun. Sofa yang memiliki pelapis berbahan linen biasanya polos tanpa motif karena bahan linen tidak bisa menyerap tinta dengan baik. Bahan pelapis ini sangat lembut, mudah berkerut dan panas.

  • Chenille

Beberapa bahan chenille mirip dengan corduroy. Bahannya sangat halus , tidak tahan air dan sulit dibersihkan bila terkena noda. Bahan ini cukup populer saat ini.

  • Nilon

Pelapis sofa berbahan nilon ini banyak digunakan karena tahan lama, tidak mudah robek dan tahan air.

Selamat berburu pelapis sofa.

2 Tanggapan to “Ragam Bahan Pelapis Sofa”

  1. […] Daya tahan : bahan kulit asli tentu lebih tahan lama dibandingkan bahan kain. […]

  2. Untuk memperoleh bahan pelapis sofa terbaik, hub: sofapatran.com
    membuat & reparasi sofa dengan bahan yang berkualitas.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: